MIN 1 Banda Aceh Gelar Kegiatan PKB

Tanggal Posting:

   Penulis:

   Dilihat Sebanyak:

120

Bagikan Laman ini di:

MIN 1 Kota Banda Aceh menggelar Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru dalam rangka pengembangan diri menjadi guru yang lebih profesional sehingga terciptanya proses pendidikan yang berkualitas di madrasah, pada Senin (20/9/2021).

Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi yang dilakukan guru sesuai kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan profesionalitasnya. PKB ini merupakan tuntutan Peraturan Menteri Negara Pendayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 16 tahun 2009. Bentuk PKB meliputi unsur pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Dengan PKB diharapkan akan terwujud guru yang profesional dan memiliki ilmu pengetahuan yang kuat dan memiliki kepribadian yang matang, kuat, dan seimbang.

Kepala Madrasah Cut Shafiah, S.Pd.I dalam sambutannya mengatakan, “Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman bagi guru guna meningkatkan kompetensi diri dalam pengembangan karir kepangkatan guru sehingga berdampak pada kualiatas pendidikan madrasah.

Bu Cut menambahkan, kegiatan ini diikuti sejumlah 54 guru madrasah, dengan harapan agar para guru dapat memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya sehingga kegiatan ini berhasil guna dan berdaya guna.” Ujar Kepala Madrasah.

Kasi Penmad, Dr. Qadriah, M.Pd dalam sambutannya disela-sela pembukaan acara mengatakan, “Mutu pendidikan tidak dapat dipisahkan dari mutu guru, sehingga guru perlu meningkatkan profesionalitasnya secara berkelanjutan. Sehubungan dengan itu, Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan guru serta pembinaan lainnya.

Lebih lanjut Bu Kasi menambahkan, terkait kegiatan PKB guru jangan takut dalam membuat karya ilmiah, karena guru sambil mengajar di kelas bisa membuat penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam meneliti guru tidak harus ke sekolah lain cukup di sekolah sendiri dan cukup di kelas sendiri. Dengan sekali menepuk dua tiga nyamuk mati artinya sambil mengajar guru juga bisa meneliti.” Tutup Kasi Penmad Dr. Qadriah, M.Pd

Kegiatan PKB menghadirkan pemateri Hj. Mariani, M.Pd selaku Kasi Tendik Bidang Penmad Kanwil Provinsi Aceh, yang juga merupakan Kepala Madrasah Berprestasi tingkat nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

8 × 1 =

Menu